-->

JENIS-JENIS SERANGAN DAN PENANGGULANGAN PADA SISTEM JARINGAN KOMPUTER



Macam-Macam Serangan :

1. Spoofing
Spoofing adalah Teknik yang digunakan untuk memperoleh akses yang tidak sah ke suatu komputer atau informasi, dimana penyerang berhubungan dengan pengguna dengan berpura-pura memalsukan bahwa mereka adalah host yang dapat dipercaya. Hal ini biasanya dilakukan oleh seorang hacker/ cracker.
Macam-Macam Spoofing
IP-Spoofing adalah serangan teknis yang rumit yant terdiri dari beberapa komponen. Ini adalah eksploitasi keamanan yang bekerja dengan menipu komputer dalam hubungan kepercayaan bahwa anda adalah orang lain. `
DNS spoofing adalah mengambil nama DNS dari sistem lain dengan membahayakan domain name server suatu domain yang sah.
Identify Spoofing adalah suatu tindakan penyusupan dengan menggunakan identitas resmi secara ilegal. Dengan menggunakan identitas tersebut, penyusup akan dapat mengakses segala sesuatu dalam jaringan.



2. Ddos (Distributed Denial of Service)
Serangan DOS (Denial-Of-Service attacks) adalah jenis serangan terhadap sebuah
komputer atau server di dalam jaringan internet dengan cara menghabiskan sumber (resource) yang dimiliki oleh komputer tersebut sampai komputer tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar sehingga secara tidak langsung mencegah pengguna lain untuk memperoleh akses layanan dari komputer yang diserang Čšersebut.
Dalam sebuah serangan Denial of Service, si penyerang akan mencoba untuk mencegah akses seorang pengguna terhadap sistem atau jaringan dengan menggunakan beberapa cara, yakni sebagai berikut:

- Membanjiri lalu lintas jaringan dengan banyak data sehingga lalu lintas jaringan yang datang dari pengguna yang terdaftar menjadi tidak dapat masuk ke dalam sistem jaringan. Teknik ini disebut sebagai traffic flooding.

- Membanjiri jaringan dengan banyak request terhadap sebuah layanan jaringan yang disedakan oleh sebuah host sehingga request yang datang dari pengguna terdaftar tidak dapat dilayani oleh layanan tersebut. Teknik ini disebut sebagai request flooding.

-Mengganggu komunikasi antara sebuah host dan kliennya yang terdaftar dengan menggunakan banyak cara, termasuk dengan mengubah informasi konfigurasi sistem atau bahkan perusakan fisik terhadap komponen dan server.

3. Sniffer
Sniffer Paket atau penganalisa paket (arti tekstual: pengendus paket — dapat pula diartikan 'penyadap paket') yang juga dikenal sebagai Network Analyzers atau Ethernet Sniffer ialah sebuah aplikasi yang dapat melihat lalu lintas data pada jaringan komputer. Dikarenakan data mengalir secara bolak-balik pada jaringan, aplikasi ini menangkap tiap-tiap paket dan kadang-kadang menguraikan isi dari RFC(Request for Comments) atau spesifikasi yang lain. Berdasarkan pada struktur jaringan (seperti hub atau switch), salah satu pihak dapat menyadap keseluruhan atau salah satu dari pembagian lalu lintas dari salah satu mesin di jaringan. Perangkat pengendali jaringan dapat pula diatur oleh aplikasi penyadap untuk bekerja dalam mode campur-aduk (promiscuous mode) untuk "mendengarkan" semuanya (umumnya pada jaringan kabel).
Sniffer paket dapat dimanfaatkan untuk hal-hal berikut:
-Mengatasi permasalahan pada jaringan komputer.
-Mendeteksi adanya penyelundup dalam jaringan (Network Intusion).
-Memonitor penggunaan jaringan dan menyaring isi isi tertentu.
-Memata-matai pengguna jaringan lain dan mengumpulkan informasi pribadi yang dimilikanya     (misalkan password).
-Dapat digunakan untuk Reverse Engineer pada jaringan.

4. DNS Poisoning
DNS Poisoning merupakan sebuah cara untuk menembus pertahanan dengan cara menyampaikan informasi IP Address yang salah mengenai sebuah host, dengan tujuan untuk mengalihkan lalu lintas paket data dari tujuan yang sebenarnya. Cara ini banyak dipakai untuk menyerang situs-situs e-commerce dan banking yang saat ini bisa dilakukan dengan cara online dengan pengamanan Token. Teknik ini dapat membuat sebuah server palsu tampil identik dengan dengan server online banking yang asli. Oleh karena itu diperlukan digital cerficate untuk mengamankannya, agar server palsu tidak dapat menangkap data otentifikasi dari nasabah yang mengaksesnya

5. Trojan Horse
Trojan horse atau Kuda Troya atau yang lebih dikenal sebagai Trojan dalam keamanan komputer merujuk kepada sebuah bentuk perangkat lunak yang mencurigakan (malicious software/malware) yang dapat merusak sebuah sistem atau jaringan. Tujuan dari Trojan adalah memperoleh informasi dari target (password, kebiasaan user yang tercatat dalam system log, data, dan lain-lain), dan mengendalikan target (memperoleh hak akses pada target).

Cara Kerja
Trojan berbeda dengan jenis perangkat lunak mencurigakan lainnya seperti virus komputer atau worm karena dua hal berikut:
Trojan bersifat "stealth" (siluman dan tidak terlihat) dalam operasinya dan seringkali berbentuk seolah-olah program tersebut merupakan program baik-baik, sementara virus komputer atau worm bertindak lebih agresif dengan merusak sistem atau membuat sistem menjadi crash.
Trojan dikendalikan dari komputer lain (komputer attacker).

6. SQL Injection
SQL injection adalah jenis aksi hacking pada keamanan komputer di mana seorang penyerang bisa mendapatkan akses ke basis data di dalam sistem. SQL injection yaitu serangan yang mirip dengan serangan XSS dalam bahwa penyerang memanfaatkan aplikasi vektor dan juga dengan Common dalam serangan XSS.SQL injection exploits dan sejenisnya adalah hasil interfacing sebuah bahasa lewat informasi melalui bahasa lain . Dalam hal SQL injection, sebuah bahasa pemrograman seperti PHP atau Perlu mengakses database melalui SQL query. Jika data yang diterima dari pengguna akhir yang dikirim langsung ke database dan tidak disaring dengan benar, maka yang penyerang dapat menyisipkan perintah SQL nya sebagai bagian dari input. (de-kill.blogspot)

7. PHP Injection
Script php merupakan salah satu script yang sampai saat ini banyak digunakan oleh seorang webmaster, disamping rival nya Java. Script php ini begitu 'Powerfull', mengapa dikatakan demikian karena dalam script php ini kita bisa melakukan banyak hal. Mulai dari membuat file, membuat counter, membuat date, membuat bukutamu, membuat forum (salah satunya PhpBB), mengakses database secara langsung maupun juga membuat gambar dan animasi.Kesemuanya itu sudah terdapat dalam fungsi dari script php ini.Nah karena hal itu lah maka masih banyak orang yang menggunakannya untuk membangun sebuah website, selain karena cukup mudah dipelajari.Jadi PHP Injection adalah mencari bugs pada script php yang ada yang dilakukan oleh sebagian hacker.

8. Script Kiddies
Script Kiddie adalah seseorang yang memiliki kemampuan kurang dalam dunia internet yang hanya bisa menggunakan tools orang lain untuk melakukan serangan terhadap jaringan internet, biasanya hanya untuk sensasi. Pada zaman sekarang ini menjadi seorang Script Kiddie tidak lah susah karena hanya dengan bermodal koneksi internet dan mengerti sedikit tentang komputer, Orang awam seperti saya pun bisa menjadi Seorang Script Kiddie karena hanya sedikit mempelajari tool-tools yang di sebar di internet dan mempelajarinya maka kita bisa menjadi Seorang Script Kiddie.

Definisi Script Kiddie
Di dunia hacker sendiri, Seorang Script Kiddie diartikan sebagai seseorang dengan niat buruk yang menggunakan program lain untuk menyerang sistem komputer atau pun melakukan deface pada website.

Senjata Yang Di Gunakan Script Kiddie
Di Zaman ini apa pun sangat mudah di temukan di internet, sama juga dengan senjata andalan Script Kiddie. Banyak sekali tools yang bisa di download di internet dan dapat di gunakan dengan mudah walau pun digunakan orang awam sekali pun seperti saya ini.

Analisi Sistem Keamanan Jaringan 
 Analisa keamanan jaringan perlu dilakukan untuk mengetahui bagaimana status keamanan jaringan. Analisa awal terhadap status keamanan jaringan adalah sebagai berikut :
1.      Vulnerability
Vulnerability adalah suatu aktivitas menganalisis jaringan untuk mengetahui bagaian dari sistem yang cenderung/sering untuk diserang (kelemahan pada sistem jaringan). Hal ini sangat membantu peningkatan keamanan jaringan dengan mengetahui dan mencatat sistem yang cenderung di serang.
2.      Threat
Threat adalah suatu aktivitas menganalisa jaringan dengan tujuan untuk mengetahui dan mempelajari kemungkinan acaman atau serangan yang datang dari luar maupun dari dalam yang dapat merusak pertahanan keamanan jaringan, seperti :
  1. Destruction, yaitu usaha untuk merusak sistem pada jaringan, seperti trojan horse, logic born, trap door, virus
  2. Denial, Upaya untuk melumpuhkan kerja suatu service dalam jaringan
  3. Theft, Upaya mencuri informasi-informasi penting dalam jaringanModification, Upaya untuk merubah data penting dalam jaringan
  4. Fraud, Upaya penipuan terhadap suatu sistem informasi seperti carding, pemalsuan data dan lain-lain

3.      Impact,
Impact adalah tindakan menganalisis pengaruh-pengaruh apa saja yang diakibatkan oleh serangan yang terjadi dalam jaringan, seperti destruction, denial, dll.

4.      Frequency
Yaitu menganalisis dan mencatat tingkat keseringan (terjadinya) suatu serangan dalam jaringan dalam kurun waktu tertentu. Contohnya mencatat frekuensi host dalam jaringan terkena virus/serangan lain.

5.      Recommended countermeasures
Setelah menganalisa dan mencatat beberapa obyek, di atas, masalah-masalah yang terjadi dalam jaringan dapat dengan mudah diselesaikan dan langkah-langkah pencegahannya. Kemudian hasilnya akan menjadi suatu pengangan yang berguna untuk peningkatan keamanan jaringan selanjutnya.

Langkah Penanggulangan Serangan Pada Keamanan Komputer

Semuanya bermula ketika jaringan Anda terinfeksi malware, atau ada yang menyusup ke jaringan Anda dengan password cracking.
Anda telah kena hack - lalu apa yang selanjutnya harus dilakukan?
Jangan panik. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diambil oleh perusahaan Anda untuk merespon dan melindungi dari serangan hacker.

1. Selalu Siap
 
Jalankan rencana Anda. Siapkan rencana untuk setiap teknologi dalam bisnis Anda, bahkan sebelum memasang dan mengkonfigurasinya. Untuk mengembangkan suatu rencana, catat semua skenario yang dapat mengganggu bisnis Anda (keamanan, mati listrik, gangguan software atau hardware, dan lainya). Lalu pastikan bagaimana Anda akan mengatasi semua skenario, dan siapkan service contract, backup data, dan sumber daya lain yang mungkin Anda perlukan. Komunikasikan rencana Anda kepada pihak manajemen dan karyawan.
 Tidak memiliki rencana? Sampai Anda memiliki rencana, manfaatkan tenaga ahli profesional. Tenaga ahli profesional keamanan dengan kriteria Cisco Select Certified Partner dengan Spesialisasi Keamanan, Certified Information Systems Security Professional (CISSP), dan Computer Security Incident Handler (CSIH) yang disertifikasi oleh Computer Emergency Response Team (CERT)
.

2. Jangan Buat Kerusakan
 Menjaga Aset Bisnis. Pikirkan baik-baik sebelum mencabut kabel apapun. Jangan mematikan tombol power kecuali Anda ingin kehilangan data dan mengalami downtime. Jangan memutuskan semua koneksi internet bila hanya beberapa perangkat yang terserang.
 Bersikap tenang dan profesional yang menentukan tingkat reaksi untuk respon rasional.
3. Hubungi Pihak Luar
Seperti dikemukakan di awal, ancaman keamanan mungkin membutuhkan bantuan pihak eksternal.
 Jika insiden mempengaruhi prosedur bisnis Anda sesuai peraturan, Anda mungkin membutuhkan bantuan pemeriksa keamanan - seperti CSIH atau CISSP - yang akan mengarahkan respon terhadap ancaman keamanan.
 Jika perusahaan Anda ingin menuntut atas kerusakan yang terjadi, Anda mungkin perlu menghubungi unit cybercrime dari pihak yang berwenang, yang akan mengarahkan respon Anda.

 
4. Bergerak Cepat untuk Meringankan
 Mengumpulkan informasi dengan cepat untuk mengidentifikasi perangkat mana yang terserang dan dari alamat IP mana. Gunakan perangkat diagnostik yang dapat segera digunakan - seperti Cisco NetFlow record atau router traffic log, firewall log, pesan syslog, dan pengamatan Anda terhadap aktifitas-aktifitas yang tidak biasa, termasuk sistem yang bekerja lambat secara abnormal.

Identifikasi kerusakan yang terjadi dengan membandingkan konfigurasi perangkat dan data set dengan backup yang belum tercemar dan paling terakhir stabil.

 Menahan masalah dengan mengisolasikan aplikasi dan perangkat yang terkena serangan. Contoh, jika server email Anda mulai memuntahkan spam, Anda dapat menghentikan program tersebut atau memblokade semua outbound port 25 traffic di internet gateway Anda. Jika FTP server Anda Menghosting situs MP3 illegal, Anda dapat memutuskan layanan FTP atau memblokade semua koneksi inbound FTP.

5. Bersihkan dan Restore
 Memprioritaskan sistem yang akan dipulihkan, berdasarkan prioritas bisnis.
 Mereset password. Ubah password untuk semua perangkat, pengguna, dan aplikasi yang terserang. Jangan lupakan root password. Kunci atau ganti password dari default account.

 Update semua software dengan patch terbaru.

 Bersihkan data dan konfigurasi yang terserang dengan menggantikannya dengan backup terakhir yang masih bagus dan tingkat keamanan yang lebih tinggi.
 Jalankan kembali sistem untuk layanan - dan mulai memonitornya secara rutin. Sebagian malware (seperti Clampi, Conflicker, dan Storm) sebetulnya hanya tidak aktif ketika di 'removed,' menunggu sampai bertahun-tahun untuk kesempatan aktif kembali.

6. Mencegah serangan lain
 Melindungi secara mendalam. Lindungi jaringan
Anda secara berkelanjutan dengan teknologi keamanan yang terintegrasi dan berlapis.
 Meninjau celah keamanan Anda secara rutin dengan vulnerability scanner atau security audit.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "JENIS-JENIS SERANGAN DAN PENANGGULANGAN PADA SISTEM JARINGAN KOMPUTER"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel