-->

Keanekaragamaman Budaya di indonesia

bhineka tunggal ikaNegara indonesia kaya akan keanekaragaman budaya daerah. Kebudayaan masing-masing daerah mempunyai ciri khas yang membedakan daerah satu dengan yang lainnya. Perbedaan daerah dapat memperkaya kebudayaan nasional. Dengan mempelajari kebudayaan daerah, persatuan dan kesatuan bangsa dapat diperkokoh. 
Keanekaragaman budaya daerah yang kita miliki hendaknya dijakan sumber kemajuan bangsa. Hal itu sesuai dengan semboyan negara kita "bhineka tunggal ika".
Budaya atau kebudayaan merupakan hasil kegiatan dan penciptaan akal budi manusia yang berhubungan erat dengan alam sekitarnya dan dipergunakan untuk ketenangan hidup. Keadaan alam dan masyarakat sasngat berpengaruh terhadap kebudayaan setempat. Itu sebabnya lahir keanekaragaman budaya di negara kita.
Selain budaya asli indonesia, ada pula budaya asing, yaitu kebudayaan yang berasal dari negara lain. Masuknya budaya asing, baik melalui pergaulan ataupun perkembangan teknologi, harus kita pelajari secara cermat. Tujuannya supaya kita dapat mengambil hal-hal yang baik dari budaya asing itu. Di samping itu, budaya asing harus disesuaikan dengan kepribadian bangsa serta nilai-nilai luhur pancasila.
Keragaman budaya di indonesia tercermin dari berbagai bahasa daerah, kesenian (termasuk tarian, lagu daerah, alat musik), makanan khas dan lainnya. Agar pemahamanmu tentang keanekaragaman budaya lebih mendalam mari kita bahas bersama.

a. Bahasa Daerah
Setiap suku bangsa memiliki kebiasaan hidup yang menjadi ciri khas masing-masing. Di antaranya adalah bahasa mereka yang berasal dari satu suku, biasa menggunakan bahasa daerah dalam bergaul.
Di indonesia terdapat lebih kurang 660 bahsa daerah yang digunakan oleh penduduknya. Beberapa diantaranya dalam bahasa sunda, bahasa batak, bahsa madura, bahasa banjar, bahasa betawi, bahasa bali, dan lain sebabagainya. Sementara bahasa persatuan yang dipergunakan oleh seluruh warga negara indonesia, yaitu bahasa indonesia.

b. Rumah Adat
Pernahkah kamu berkunjung di taman mini indonesia indah (TMII) di jakarta? TMII merupakan gambaran kecil indonesia secara keseluruhan. Apa yang dapat kamu lihat disana? Di TMII, kamu dapat melihat anjungan (bangunan) rumah adat dari berbagai pelosok tanah air.

kumpulan rumah adat diindonesia
Bentuk-bentuk rumah adat provinsi diindonesia dengan bentuk dan ciri kha masing-masing
Semua anjungan yang terdapat di TMII merupakan bangunan rumah adat dari masing-masing provinsi di indonesia. Agar lebih jelas mengenai rumah adat, perhatikan tabel brikut ini!

NOProvinsiNama Rumah Adat
1Nangroe Aceh DarusalamKorong Bade
2Sumtera UtaraBolon
3RiauSelaso Jatuh Kembar
4Riau KepulauanSelasa Jatuh Kembar
5Bangka BelitungRakit
6Sumatera BaratGadang
7BengkuluBubungan Limo
8JambiMelayu Selaso
9Sumatera SelatanLimas
10LampungNuwo Sesat
11D.K.I. JakartaKebaya
12Jawa BaratKasepuhan
13BantenKasepuhan
14Jawa TengahJoglo
15D.I. YogyakartaBangsal Kencono
16Jawa TimurJoglo
17BaliNatah
18Nusa Tenggara BaratDalam Loka Samawa
19Nusa Tenggara TimurSoo Aa Mosa Lakitana
20Kalimantan BaratRumah Panjang
21Kalimantan TengahBentang
22Kalimantan SelatanBubungan Tinggi
23Kalimantan TimurLamin
24Sulawesi UtaraBolaang Mongondow
25Sulawesi tengahSouraja
26Sulawesi SelatanTongkonan
27Sulawesi BaratSouraja
28GorontaloLaikas
29MalukuBaileo
30Maluku utaraBaileo
31PapuaHonai
32Papua BaratHonai

c. Pakaian Adat
Tiap-tiap daerah memiliki pakaian daerah atau pakaian adat yang khas dengan nama tertentu. Jas Tutup dan destar dari D.K.I Jakarta (betawi) dan jawa barat, baju beskap dan blangkon dari jawa tengah, baju surjan dan blangkon dari D.I Yogyakarta, jas tutup dan blangkon dari jawa timur, baju teluk belanga dan destar dari riau, ulos dan sabe-sabe (tutup kepala) dari sumatera utara, baju rompi dan destar dari kalimantan selatan, dan sebagainya.

suku bangsa indonesia
Pakaian adat provinsi di indonesia

d. Senjata Tradisional
Pada umumnya,  setiap pakaian daerah dilengkapi dengan senjata tradisional. Misalnya, golok (paranga) dari D.K.I Jakarta, kujang dari jawa barat, keris dari Jawa tengah dan D.I Yogyakarta, clurit dari jawa timur, piso surit dari sumatera utara, rencong dari nanggroe aceh darussalam, mandau dari kalimantan barat, badik dari sulawesi selatan, jenawi dari riau, tisula dari sumatera selatan, karih dari sumatera barat, dan lain sebagainya.
Di beberapa daerah, ada kalanya senjata tradisional dikenakan sebagai pelengkap pakaian adat. Perhatikan contoh beberapa senjata tradisional berikut ini!


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Keanekaragamaman Budaya di indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel