-->

Cara Mengobati Benjolan pada mata

Cara Mengobati Benjolan pada mata

How to Treat Bumps on eyeBenjolan kecil di kelopak mata sebenarnya tidak berbahaya. Tapi benjolan sering menyakitkan dan tentunya malu jika banya orang yang tau, karena ia berpikir benjolan tersebut muncul karena mengintip orang yang lagi mandi.

Benjolan (hordeolum) sebenarnya merupakan infeksi atau peradangan pada akar bulu mata (folikel). penyakit ini dapat timbul karena bakteri, awalnya menyerang akar rambut mata dan kemudian menyebar ke akar rambut mata lainnya.

Bintitan pada kelopak mata yang lama tanpa disertai kemerahan dan nyeri disebut sebagai kalazion. Ini terjadi akibat sumbatan kelenjar air mata pada kelopak, terutama setelah adanya infeksi akut berulang (hordeolum) pada kelopak mata yang tidak ditangani. Kalazion tidak berbahaya dan dapat mengecil sendiri dalam jangka waktu beberapa minggu-bulan. Untuk membantu mengecilkan dapat dilakukan kompes hangat 2-3 kali sehari selama 15 menit dan bila perlu dengan tetes/salep antibiotik pada mata sesuai anjuran dari dokter. Pada kalazion yang berlangsung lama atau mengganggu penampilan, dapat dilakukan tindakan berupa:
  • Suntik kortikosteroid pada benjolan
  • Pengeluaran isi dari kalazion dengan operasi kecil oleh dokter.
Untuk memastikannya sebaiknya Anda ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung

Tanda-tanda awal penyakit mata rasa gatal dan sakit kecil di tepi kelopak mata. Pemicu benjolan mata adalah kebiasaan sering menggosok mata dengan tangan kotor, sehingga bakteri masuk.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengobati Benjolan pada mata"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel