-->

Risiko di Balik Minuman Energi

Risiko di Balik Minuman Energi


Para penggemar minuman energi sebaiknya lebih berhati-hati memilih produk di pasar. Sebuah studi menunjukkan bahwa kafein dalam minuman energi bisa jauh lebih tinggi dari secangkir kopi. Selain itu, kafein dalam minuman energi juga berpotensi risiko yang lebih besar, terutama bila dicampur dengan minuman beralkohol.
"Apa yang kita ketahui sekarang, minuman energi dapat mengandung seperempat cangkir gula dan mengandung lebih banyak kafein dari secangkir kopi hitam," kata John Higgins, seorang peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Texas, Houston, Amerika Serikat, yang mencakup penelitian dalam jurnal edisi Mayo Clinic Proceedings.
Tingkat kafein dalam minuman energi bisa sangat beragam, yaitu antara 70 dan 200 miligram per 16 ons presentasi. Sebagai perbandingan, 8 ons cangkir kopi mengandung 40-150 mg kafein, tergantung bagaimana kopi itu diseduh.

"Masalah lainnya adalah tidak semua bahan dalam minuman energi tercantum pada label kemasan. Bahan-bahan stimulan herbal seperti guarana, asam amino taurin, serta tumbuh-tumbuhan, mineral, dan vitamin lainnya yang mungkin berinteraksi dengan kafein".

Yang perlu diperhatikan adalah, dengan mencampur bahan-bahan ini akan mempengaruhi denyut jantung, tekanan darah, dan bahkan kondisi mental, terutama ketika dikonsumsi dalam jumlah besar dengan alkohol atau saat dikonsumsi oleh atlet.

Norwegia, Denmark, dan Prancis baru-baru ini melarang peredaran minuman energi Red Bull setelah suatu penelitian pada tikus menunjukkan, "Tikus-tikus diberi taurin menunjukkan perilaku aneh seperti kecemasan dan bunuh diri."

"Kami bukan tikus, Namun denagan mengkonsumsi minuman ini telah menunjukkan hubungan positif dengan perilaku berisiko tinggi" .

Minuman energi sering dipromosikan dan digunakan oleh atlet untuk mendapatkan "dorongan ekstra". Namun, Kedokteran mengatakan bahwa minuman energi menyebabkan dehidrasi risiko serius bagi pengguna. Ini didasarkan pada bagaimana kafein dan bahan-bahan lainnya dalam mempengaruhi tubuh manusia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Risiko di Balik Minuman Energi "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel