-->

Keragaman suku bangsa dan budaya di indonesia


peta indonesiaBangsa indonesia merupakan bangsa yang majemuk karna terdiri atas berbagai suku bangsa, adat istiadat, bahasa daerah, serta agama yang berbeda-beda. Keanekaragaman tersebut terdapat di berbagai wilayah yang tersebar dari sabang sampai merauke.
Setiap suku bangsa di indonesia mempunyai kebiasaan hidup yang berbeda-beda. Kebiasaan hidup itu menjadi budaya serta ciri khas suku bangsa tertentu. Demi persatuan dan kesatuan, seharusnya kita menyadari dan menghargai keaneka ragaman tersebut sehingga dapat menjadi satu bangsa yang tangguh. Dengan semboyan "BHINEKA TUNGGAL IKA", kita jadikan keragaman suku bangsa dan budaya sebagai salah satu modal dasar dalam pembangunan.

- Keanekaragaman suku bangsa di indonesia
Penduduk indonesia yang berjumlah lebih dari  200 juta orang terdiri atas berbagai suku bangsa. Jumlah suku bangsa di indonesia -+ 320 suku yang tersebar di berbagai daerah. Setiap suku bangsa memiliki adat istiadat, bahasa daerah, kesenian, lagu daerah, rumah adat, dan lainnya. 
Dari berbagai suku bangsa ada yang jumlah penduduknya besar, ada pula yang hanya sedikit. Di antara suku bangsa itu adalah suku bangsa jawa yang mendiami beberapa daerah pedalaman di indonesia. Diperkirakan jumlah mereka tinggal sedikit. Bahkan, ada beberapa suku yang hanya terdiri atas beberapa ratus orang saja.
Selain kekayaan alamnya yang berlimpah, adanya keanekaragaman suku bangsa di indonesia menjadikan negara kita kaya akan budaya yang harus tetap dipertahankan kelestariannya.
Suku bangsa atau etnis adalah suatu kesatuan masyarakat atas dasar kesamaan budaya, bahasa, dan tempat tinggal. Misalnya, suku yang disebut suku bangsa sunda adalah orang-orang yang tinggal di jawa barat.
Mereka memiliki bahasa serta adat istiadat sunda. Suku bangsa rejang adalah orang-orang yang tinggal di bengkulu. Etnologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bangsa-bangsa diseluruh dunia.
Berbagai suku bangsa dengan ciri khas masing-masing, tersebar di berbagai pulau. Bahkan, dalam satu pulau saja kadang-kadang terdapat berbagai suku bangsa.
Disumatra terdapat suku bangsa Aceh, Gayo, Batak, Minangkabau, Mentawai, dan sebagainya. Di jawa ada suku Sunda, Jawa, dan madura. Di bali ada suku bangsa bali. Di nusa tenggara ada suku sasak, sumbawa, bima, flores, alor, roti, dan sebagainya. Di kalimantan terdapat suku bangsa dayak, banjar, ngaju, punan, kayan, dan sebagainya. Di maluku terdapat suku ambon, alifuru, dan sebagainya. Di irian jaya (papua) terdapat suku bangsa asmat, dani, melayu irian, dan sebagainya

TABEL PERSEBARAN SUKU BANGSA 
DI INDONESIA



NODAERAHSUKU BANGSA
1Nanggroe Aceh DarusalamAceh, Gayo, Alas, Simeuleu
2Sumatera UtaraBatak, Nias, Melayu
3Sumatera BarataMinangkabau,Mentawai
4RiauMelayu, Sakai
5JambiMelayu, Kubu, Kerici
6Sumatera SelatanPalembang, Melayu, Kubu
7BengkuluMelayu, Rejang, Enggano
8LampungLampung, Jawa, Melayu
9DKI JakartaSunda, Betawi
10Jawa BaratSunda, Badui
11Jawa TengahJawa
12Jawa TimurJawa, Madura, Tengger
13D.I. YogyakartaJawa
14BaliBali, Madura
15Nusa Tenggara BaratBali, Sasak, Sumbawa, Bima
16Nusa Tenggara TimurAlor, Solor, Roti, Sawu, Sumbawa, Flores
17Kalimantan BaratMelayu, Dayak, Kayan
18Kalimantan TengahMelayu, Dayak, Kutai
19Kalimantan TimurMelayu, Dayak, Kutai
20Kalimantan SelatanMelayu, Banjar, Dayak
21Sulawesi SelatanBugis, Makasar, Toraja
22Sulawesi TenggaraMekongga, Tolaki, Buton,Muna
23Sulawesi TengahToli-Toli, Toraja, Laina, Tomini, Lore
24Sulawesi UtaraMinahasa, Bolaang, Mangondou, Gorontalo
25MalukuAmbon, Kei, Tanimbar, Seram
26Maluku UtaraTernate
27GorontaloGorontalo
28BantenSunda, Badui
29Bangka-BelitungBangka, Belitung
30Irian Jaya (papua)Asmat, Sentani, Biak, Marindanim

Tentunya masih ada beberapa suku bangsa yang tidak tercantum pada tabel diatas, sekian Dan terima kasih Semoga bermanfaat....

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Keragaman suku bangsa dan budaya di indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel