-->

Indahnya hidup bersatu

Simak cerita dibawah ini.

warna pelangi

Pelajaran pelangi

Dahulu, warna-warna yang ada di bumi bertengkat. Semua mengklaim dirinya paling bagus dan paling berguna. Si hijau mengatakan, "Akulah yang terpenting, aku simbol kehidupan dan penghargaan. Aku dipilih oleh padi, rerumputan, dan pepohonan. Tanpa diriku, semua makhluk akan mati."

Si biru menimpali, "Jangan hanya berfikir tentang bumi. Lihatlah birunya langit dan lautan luas! Air adalah sumber kehidupan, langit memberi ruang dan kedamaian."

Si Kuning menyela," Ah kamu terlalu serius. Aku membawa kegembiraan dan kehangatan di dunia. Matahari berwarna kuning juga bulan. Tanpa kehadiran ku tidak ada kegembiraan."

Si Jingga tidak mau kalah, " Aku simbol kesehatan dan kekuatan. Buktinya, aku dipercaya melayani kebutuhan manusia, membawa vitamin-vitamin penting bagi kehidupan. Coba liat aku pada wortel, labu, jeruk, dan pepaya!"

"Aku darah kehidupan! lambang keberanian dan cinta. Tanpaku, bumi akan kosong melompong," sela Merah.

Sementara itu si Ungu teriak, " Aku adalah warna aristokrat dan kekuatan. Para raja dan pemimpin selu memilih warnaku untuk pakaian dan aksesoris mereka."

Pertengkaran semakin seru. Masing-masing tidak mau mengalah. Tiba-tiba muncul kilat dan gelegar suara petir, disertai hujan deras. Tanpa di komando warna-warna itu merunduk ketakutan, lalu saling mendesak mencari perlindungan.

Sang hujan berkata, "Hei, warna-warna bodoh! jangan bertengkar! Ketahuilah, masing-masing kamu diciptakan untuk tujuan khusus, unik, dan berbeda satu sama lain. Kemarilah, saling bergandengan tangan!"warna-warni itu melakukan apa yang dikatakan sang hujan. "Mulai sekarang setiap kali turun hujan, masing-masing kamu akan terentang di udara dalam satu pelangi yang indah, sebagai peringatan saya harus hidup bersama dalam damai."

Pelangi adalah gambaran sebuah masyarakat. perbedaan selalu ada. Perbedaan yang ada janganlah menghalangi kamu untuk menjalin persatuan dengan anggota masyarakat yang lain. Apa sih arti penting persatuan?

Kamu tidak dapat hidup sendiri. Kamu membutuhkan bantuan orang lain. Demikian pula kamu dapat membantu kesulitan orang lain. Dengan saling membantu di tengah masyarakat maka kamu akan merasa aman, nyaman, dan tentram. Misalnya untuk menjaga keamanan di masyarakat. Setiap anggota masyarakat wajib melaksanakan ronda malam sesuai dengan jadwalnya. Semua mendapat kewajiban yang sama, tidak memandang ia dari suku apa dan beragama apa. Dengan demikian, di masyarakat akan tercipta keamanan dan ketertiban. Itu salah satu arti penting persatuan dalam masyarakat.

Lalu, apa yang terjadi jika di masyarakat tidak ada  persatuan? Tanpa persatuan, kerukunan di masyarakan akan sulit terwujud. Masing-masing orang akan hidup mementingkan dirinya sendiri. Bahkan bisa terjadi akan muncul rasa saling curiga. Hidup kita menjadi tidak nyaman lagi. Salah satu wujud konkret adanya kekurangan dan persatuan di dalam masyarakat adalah tradisi gotong royong. Misalnya, menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan  Republik Indonesia. Di desa dan kota di adakan gotong royong yang melibatkan berbagai unsur dalam masyarakat.

kerjasama

Nah, sekarang buatlah contoh yang lain apa yang terjadi jika dalam masyarakat terjalin persatuan. Demikian pula berikan contoh akibatnya jika di masyarakat tidak ada persatuan. Apabila kamu bisa menemukan contoh-contoh itu, kamu sudah mempunyai bekal sebagai warga masyarakat yang baik.

Kamu telah mengetahui arti penting persatuan bagi masyarakat di sekitar tempat tinggalmu. Ingat-ingatlah itu sebagai bekal kehidupanmu kelak. Nah, sekarang kamu telah sadar bahwa bisa hidup dalam keragaman, bukan? Apa saja keragaman yang ada didalam masyarakatmu? Bagaimana cara orang-orang di sekitar tempat tinggalmu dalam menyikapi keragaman itu?. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Indahnya hidup bersatu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel