-->

Keragaman unsur-unsur budaya


Di dalam keluarga, kamu telah menjumpai berbagai perbedaan, padahal keluarga hanyalah kelompok kecil di dalam masyarakat. Bagaimanakah keadaan di dalam masyarakat? Tentu saja lebih banyak lagi perbedaan yang kamu jumpai. Perbedaan-perbedaan di dalam masyarakat tersebut merupakan anugerah yang perlu dijaga kelestarian dan perkembangannya. Salah satu perbedaan yang menjadi ciri khas bangsa indonesia yang tidak dijumpai pada bangsa lain adalah keragaman suku bangsa dan budaya.

Hal ini sangat dimungkinkan karena bangsa indonesia terdiri atas -+ 600 suku bangsa. Suku-suku bangsa tersebut bertempat tinggal menyebar di seluruh wilayah indonesia, dari sabang sampai marauke (dari ujung barat sampai dengan ujung timur ).

ragam budaya
keragaman unsur budaya

Sebagaui bangsa yang terdiri atas beraneka ragam suku bangsa, kita harus merasa bangga karena suku-suku bangsa yang ada mempunyai budaya yang beragam. Keragaman budaya tersebut terlihat jelas dalam unsur-unsur budayanya. Unsur budaya itu antara lain sebagai berikut.

1. Unsur Budaya Religi (Kepercayaan)
Saat ini, masih ada sebagian masyarakat indonesia yang masih percaya bahwa setiap tempat ada penunggunya. Karena itulah, mereka membuat sesaji. Sesaji biasanya terdiri atas seperangkat makanan dan buah-buahan di sertai bunga yang di tempatkan pada satu wadah tersendiri. Tujuan orang membuat sesaji tentu beragam, sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya minta keselamatan, tanda terima kasih, tanda pengirbanan, dan lain-lain. Biasanya sesaji di buat pada bulan tertentu sesuai dengan penanggalannya. Nah, aktivitas di atas adalah salah satu contoh adnya sistem kepercayaan di dalam suatu masyarakat. Bahkan, hampir setiap suku bangsa di indonesia memiliki sistem kepercayaan sendiri-sendiri. Lalu, bagaimana sistem kepercayaan yang ada di sekitar tempat tinggalmu?

Adakalanya, untuk menyelenggarakan kepercayaannya itu masyarakat meminta pertolongan seseorang. Ratu atau tetua adat dianggap bisa dijadikan perantara untuk memohon doa atau mendatangkan roh halus. Misalnya Ratu sumba, dialah yang memimpin upacara, sementara warga sumba menyediakan sesaji. Adakah aktivitas seperti ini di sekitar tempat tinggalmu?

Dalam Perkembangan selanjutnya, sistem kepercayaan yang ada didalam masyarakat ada yang berasal dari unsur agama. Masing-masing agama yang ada di indonesia mempunyai upacara keagamaan sendiri-sendiri. Segala hal mengenai kepercayaan agama ini ditulis didalam kitab suci. Agar lebih jelas amatilah gambar dibawah.

agama
Beragam agama di indonesia
Masing-masing agama mempunyai pemeluk sendiri-sendiri. Karena itulah, di indonesia terdapat beberapa golongan pemeluk agama. Perbedaan agama bukanlah unsur yang bisa memecah-belah persatuan bangsa indonesia.

2. Unsur Budaya Mata Pencarian
Amatilah orang tuamu atau orang-orang di sekitar tempat tinggalmu. Bagaimana caranya mencari nafkah bagi kelangsungan hidup keluarganya? Biasanya mereka sangat bergantung pada kondisi alam dan keahlian atau ketrampilan. Keragaman alam di indonesia menyebabkan keragaman mata pencarian bagi masyarakatnya. Sebagian besar penduduk indonesia bercocok tanam karena kesuburan tanahnya. Di berbagai daerah dikenal sistem pertanian dengan hasil dengan hasil utama padi. Sementara itu, bagi orang-orang yang tinggal di tepi sungai atau pantai biasnya mengandalkan bidang perikanan sebagai mata pencariannya.

kebo
Contoh mata pencarian penduduk indonesia

Lalu, ada pula orang-orang yang menjadi pedagang, peternak, peladang, dan berbagai mata pencarian lainnya. Semakin maju pendidikan, kebutuhan hidup manusia dan perkembangan zaman, mata pencarian juga mengalami perkembangan. Apa mata pencarian orang yang tinggal di sekitar tempat tinggalmu?.

3. Unsur Budaya Teknologi dan Peralatan
Apakah teknologi hanya ada pada zaman modern seperti sekarang ini? Oh, tidak. Karena teknologi berkaitan dengan kepandaian orang dalam membuat atau melakukan sesuatu bagi kelangsungan hidupnya. Itu artinya sejak dahulu kala, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya manusia telah berkenalan dengan teknologi. teknologi itu antara lain digunakan pada pembuatan alat-alat produksi, senjata, wadah, alat angkut, tempat berlindung (perumahan), pembuatan makanan dan minuman, serta pakaian dan perhiasan.

membajak di sawah
Gambar budaya teknologi dan peralatan

Teknologi yang digunakan pada berbagai aktivitas itu tentu dimulai dari bentuk yang sangat sederhana. Mengapa? Teknologi selalu berkaitan dengan bahan, cara pembuatan dan tujuan pemakaian dari alat-alat itu. Lalu, bagaimana dengan orang-orang di sekitar tempat tinggalmu, apakah mereka telah menggunakan teknologi?

Untuk Melanjutkan membaca  Keragaman unsur-unsur budaya <<Halaman Selanjutnya>>

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Keragaman unsur-unsur budaya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel