-->

Keragaman unsur-unsur budaya part2

4. Unsur Budaya Kesenian
Amatilah dua buah gambar di bawah ini. Itu adalah salah satu bukti betapa tingginya rasa seni bangsa indonesia. Hampir semua suku bangsa di indonesia memiliki kesenian sendiri-sendiri, yang menjadi ciri khasnya. Kesenian dapat dikelompokkan menjadi dua bagian. Kesenian yang dapat dinikmati oleh mata misalnya seni patung, seni ukir, seni lukis, seni rias, dan seni olahraga. Kelompok kesenian yang kedua adalah yang dapat dinikmati oleh telinga yaitu seni musik dan seni sastra.

seni musik dan ukir
Contoh seni
Selain kedua kelompok kesenian itu, masih ada lagi contoh kesenian yang lain yaitu seni tari dan seni pedalangan (wayang). Keduanya dapat dinikmati oleh mata dan telinga. Masing-masing suku bangsa di indonesia juga memiliki nama lagu daerah, alat musik, dan nama kesenian sendiri-sendiri. Lalu, jenis kesenian apa yang ada di tempat tinggalmu? Bisakah kamu menampilkannya?

5. Unsur Budaya Pengetahuan
Aapakah pengetahuan itu hanya bisa diperoleh dibangku sekolahan seperti kamu? Tentu tidak. Mari berimajenasi sejenak. Bayangkan seperti apa yang dilakukan oleh suku bangsa dayak di kalimantan. Bagaimana mungkin mereka tidak pernah tersesat ketika keluar masuk hutan belantara untuk mengambil rotan? Atau bagaimana cara dukun siberut membuat ramuan obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang ada di hutan? Apakah semua tumbuhan di hutan bisa dijadikan ramuan? Mengapa dukun itu bisa membedakan tumbuhan yang berkhasiat dengan tumbuhan yang tidak berkhasiat?

dukun siberut
gambar dukun siberut dari kalimantan
Bangsa kita juga dikenal sebagai bangsa Bahari karena kemampuannya mengarungi samudra luas dengan perahu pinisi. Bagaimana mungkin mereka bisa menentukan arah ketika di tengah samudra yang gelap gulita?.

Itulah bukti bahwa berbagai suku bangsa yang ada di indonesia telah memiliki pengetahuan yang tinggi. Pengetahuan itu telah lama mereka terapkan untuk mengatasi kesulitan hidupnya. Pengetahuan itu antara lain tentang alam sekitar, flora dan fauna, bahan-bahan mentah dan benda-benda dalam lingkungannya, tubuh manusia, sifat dan kelakuan manusia, serta pengetahuan mengenai ruang dan waktu.

Beragam pengetahuan itu mereka wariskan kepada generasi penerusnya secara turun-temurun. Bahkan, sekarangpun kita masih bisa mempelajarinya. Lalu, pengetahuan apa saja yang dimiliki oleh orang-orang yang ada disekitar tempat tinggalmu?.

6. Unsur Budaya Sistem Kemasyarakatan
Apakah kamu pernah melihat pesta perkawinan di sekitar tempat tinggalmu? Apabila kamu pernah melihat, itulah salah satu contoh sistem kemasyarakatan yang ada di indonesia. Hampir semua suku bangsa memiliki sistem perkawinan sesuai adatnya masing-masing. Bagaiman jalannya proses upacara perkawinan itu, tentu lebih tepat kalau kamu bertanya kepada kedua orang tuamu. Karena mereka berdua tentu pernah menjadi pelaku perayaan upacara itu. Bahkan, barang kali mereka masih menyimpan fotonya.

Selain upacara perkawinan, di masyarakat juga dikenal adanya sistem kehidupan keluarga batih dan kekerabatan. Kamu tentu ingat dengan silsilah keluarga yang pernah kamu buat sewaktu di sekolah dasar. Nah, pada suku bangsa batak dikenal marga, sementara pada suku bangsa jawa dikenal trah. Keduanya hanyalah contoh, bagaimana hunungan kekerabatan itu bisa terbentuk.

perkawinan minangkabau
Contoh perkawinan suku minangkabau

Ada pula suku bangsa yang memiliki kebiasaan musyawarah untuk membahas sebuah permasalahan. Misalnya, yang ada pada suku bangsa minangkabau. Disana, di setiap nagari ada kebiasaan musyawarah yang dijalankan oleh para tokoh adat yang disebut ninik mamak. Wah, ternyata nilai-nilai demokrasi telah ada sejak dahulu kala di bumi nusantara.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Keragaman unsur-unsur budaya part2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel